Resep Cumi Goreng Crispy Dan Gurih

Resep Cumi Goreng Crispy Dan Gurih

Resep Cumi Goreng Crispy Dan Gurih - Kembali lagi di blog Dapur Santap, buat teman teman yang gemar dengan seafood kali ini saya akan membagikan tips membuat cumi goreng crispy dan gurih.

Bagi anda penggemar makanan seafood berarti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini, selain enak untuk cemilan saat berkumpul dengan keluarga ataupun teman, makanan ini juga sangat cocok untuk teman makan nasi.

Ada banyak sekali varian makanan yang berbahan dasar cumi salah satunya adalah cumi goreng crispy, cumi asam manis, cumi goreng mentega, cumi goreng kering dan masih banyak lagi.

Membuat cumi goreng crispy sangatlah mudah tapi marilah kita mengetahui dulu bagaimana cara membersihkan cumi dengan baik dan benar. Berikut tipsnya
  1. Pegang ekornya dan tarik bagian kepalanya secara horizontal, Anda akan melihat isi perutnya ikut tertarik keluar.
  2. Kantung tinta cumi juga akan tertarik keluar bersama kepalanya. Jika Anda ingin menggunakannya, maka potong di dekat kantung hitam yang nampak seperti pembuluh darah berwarna hitam.
  3. Potong tentakel tepat sebelum matanya. Anda akan memotongnya tepat di bagian mulut sehingga tentakel tetap utuh dan Anda bisa mengambil bagian keras di dalam mulutnya.
  4. Bagian tubuh cumi-cumi dilengkapi dengan 'tulang' yang nampak transparan seperti plastik. Jangan lupa untuk mengeluarkan tulang ini dari dalam badan cumi.
  5. Berikutnya, Anda akan mendapati cumi-cumi Anda berselimut lapisan ungu berbintik-bintik yang sangat cantik sebenarnya. Namun untuk mendapatkan cumi yang putih bersih, Anda harus mengelupas lapisan ini. Temukan ujungnya yang sudah mengelupas dengan sendirinya, kemudian tarik perlahan ke seluruh badan cumi.


Resep Cumi Goreng Crispy Dan Gurih


Bahan Bahan

  • 750 gram cumi. bersihkan dan potong seperti betuk cincin
  • 2 buah jeruk nipis. peras airnya 1,5 sdm
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 1 sdt Bubuk Kaldu Ayam
  • 150 gr Tepung terigu
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdt Jahe parut
  • 2 siung Bawah putih, diparut
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat

  1. Rendam cumi menggunakan air perasan jeruk nipis kurang lebih selama 30 menit
  2. Untuk bahan pencelup, kita campurkan tepung terigu, merica bubuk, bubuk kaldu ayam, garam, jahe parut dan bawang putih parut. Aduk hingga rata.
  3. Kemudian masukan telur, aduk hingga rata pastikan adonan tidak ada yang menggumpal.
  4. Selanjutnya masukan cumi yang sudah dipotong seperti bentuk cincin kedalam adonan, aduk perlahan hingga adonana menutupi semua bagian cumi.
  5. Tuangkan minyak kedalam wajan tunggu hingga minyak benar benar panas. Kemudian goreng cumi dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan dan matang.
  6. Angkat dan tiriskan, sajikan menggunakan saus sambal atau mayonaise.

Agar cumi tidak menjadi keras seperti karet jangan terlalu lama dalam menggorengnya. Sekian Resep Cumi Goreng Crispy Dan Gurih yang bisa anda pelajari. Selamat mencoba ya.


EmoticonEmoticon